Apr
11

Tips Memilih Karpet Yang Baik


image
by admin
No comments yet

Saat ini karpet sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari rumah.  Dengan kata lain, hampir semua rumah memiliki karpet.

Hal ini karena karpet mempunyai beberapa keunggulan dibanding perabot lainnya seperti tikar maupun kursi. Keunggulan tersebut diantaranya karpet lebih empuk dibanding tikar, dan lebih fleksibel dibanding kursi atau sofa karena bisa dilipat saat tidak dibutuhkan sehingga membuat ruangan semakin terasa lapang.

Namun untuk menjadikan karpet sebagai bagian keindahan dari rumah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli karpet.

  1. Bahan karpet. Bahan terbaik untuk membuat karpet adalah wool, karena berasal dari hewan (domba) sehingga lebih cocok untuk kulit manusia dibanding dengan bahan sintetis. Namun demikian, karpet dengan bahan wool harganya lebih tinggi dibanding karpet berbahan sintetis. Selain karena bahannya memang lebih mahal, proses pembuatannya juga lebih rumit karena menggunakan tenaga manusia (handmade). Akan tetapi harga yang lebih tinggi ini sepadan dengan kualitas karpet yang lebih baik.

 

  1. Motif dan Warna karpet. Sesuaikan motif karpet dengan tema ruangan secara keseluruhan. Seimbangkan warna karpet dengan warna dinding dan perabot yang lain, agar tercipta harmoni sehingga membuat kita lebih nyaman.

 

  1. Ukuran ruangan.  Sesuaikan ukuran karpet dengan ukuran ruangan agar proporsional.

 

  1. Tempat membeli karpet. Last but not least, pastikan karpet yang anda beli terlindung dari sinar matahari dan debu pada saat di tempat penjual. Karena sinar matahari akan membuat karpet lebih cepat pudar warnanya, dan debu akan membuat karpet lebih cepat rusak. Dengan kata lain, belilah dari toko yang baik tempatnya, tidak di pinggir jalan.

Demikian tips yang dapat diperhatikan ketika anda berencana untuk membeli karpet. Semoga bermanfaat.

 

 



Post Your Comment
Your Name
Your E-mail

Comment