Apr
12

5S For Home, 5 Langkah Sederhana Menata Rumah


image
by admin
No comments yet

Pernahkah anda merasa kesulitan menemukan barang-barang di rumah? Misalnya ketika anda membutuhkan obeng untuk memperbaiki kipas angin, anda harus berkeliling ke seluruh area rumah untuk mencari obeng? Bisa jadi, bukan hanya kipas angin yang rusak, namun barang-barang lain di rumah anda juga akan ikut rusak dalam rangka pencarian obeng….

Inilah yang terjadi jika kita tidak menata rumah dengan baik. Apalagi saat ini kebanyakan rumah adalah rumah minimalis, yang ukurannya tidak terlalu besar, berbeda dengan rumah jaman dahulu yang mempunyai ukuran besar.

Salah satu metode efektif untuk menata rumah agar tetap nyaman dalam keterbatasan ruang yang ada adalah metode 5S/5R. Metode ini berasal dari Jepang yang merupakan metode sederhana untuk menata area kerja agar lebih efisien dan ergonomis.

5S sendiri berasal dari bahasa Jepang yaitu Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Shitsuke.  Jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia berarti Ringkas, Rapi, Resik, Rawat dan Rajin atau disingkat 5R.

  1. Ringkas/Seiri

Langkah pertama dalam metode 5R adalah Ringkas atau Seiri yang berarti menyingkirkan atau membuang barang-barang yang sudah tidak lagi diperlukan.

Nah, langkah inilah yang paling berat, karena seringkali kita merasa sayang membuang barang-barang yang mempunyai nilai kenangan tersendiri. Meskipun sebenarnya kita sudah tidak membutuhkannya lagi. Misalnya baby walker atau sepeda roda tiga anak kita, sementara anak kita sudah tidak menggunakannya lagi karena sudah sekolah kelas tiga SD.

Salah satu solusi untuk mengatasi rasa ‘sayang’ ini adalah menyumbangkannya kepada lembaga-lembaga sosial yang menerima penyaluran barang bekas untuk disumbangkan kepada yang membutuhkan.

Setelah barang-barang yang tidak diperlukan lagi kita singkirkan, kita akan merasa bahwa rumah kita lebih lega. Inilah saatnya kita berpindah ke langkah kedua.

 

  1. Rapi/Seiton

Setelah hanya ada barang-barang yang diperlukan di rumah kita, saatnya kita menata rumah kita agar lebih indah dan teratur.

Pada langkah ini kita dapat mengelompokkan barang-barang berdasarkan klasifikasinya, misalkan barang anak-anak, alat-alat kerja, alat-alat masak dan sebagainya. Tujuan penataan ini adalah agar barang tersebut lebih mudah ditemukan saat kita memerlukannya.

Pada langkah ini kita juga bisa menambahkan ornamen lain seperti pot bunga, lukisan atau karpet agar rumah menjadi semakin indah

 

  1. Resik/Seiso

Langkah selanjutnya agar rumah kita semakin nyaman adalah membersihkan rumah dari sampah dan debu. Langkah ini disebut Resik.

Dengan bermodalkan peralatan sederhana seperti sapu, pel dan kemoceng kita dapat melaksanakan langkah ketiga ini.

  1. Rawat/Seiketsu

Langkah berikutnya adalah menjaga agar kondisi yang telah kita capai dengan ketiga langkah diatas dapat dipertahankan.

Pada langkah ini kita dapat melibatkan anak-anak untuk turut serta menjaga kerapihan dan kebersihan rumah dengan piket. Hal ini untuk menumbuhkan disiplin kepada anak-anak kita.

 

  1. Rajin/Shitsuke

Langkah terakhir adalah disiplin untuk selalu menjaga kondisi dan juga terus mengadakann perbaikan-perbaikan yang diperlukan.

Kita juga bisa merubah susunan barang-barang untuk menghindari kebosanan dan memberikan suasana baru secara berkala.

 

Demikianlah 5 langkah sederhana yang akan membuat rumah kita lebih nyaman sebagai tempat bercengkrama dengan anggota keluarga.

Langkah yang sangat sederhana bukan? Namun mampu memberikan hasil yang dahsyat. Karena itulah di banyak perusahaan 5S menjadi kewajiban demi terciptanya efisiensi dan kinerja yang optimal.

 



Post Your Comment
Your Name
Your E-mail

Comment